23 December 2010

Cara Berdagang Jenius

Abdurrahman bin 'Auf terkenal sangat jenius dalam urusan bisnis. Beliau sampai mengatakan, seandainya aku menjumpai sebuah batu, pasti aku dapat menemukan emas atau perak di balik batu itu. Demikian beliau mengumpamakan dirinya. Tak heran jika ia menjadi konglomerat ulung.
Simaklah salah satu kecerdikan berdagangnya.
Beliau pernah berjualan unta sampai pasaran unta yang dikuasai Yahudi jatuh di tangannya. Cara beliau berdagang sangat unik. Beliau menjual dengan harga pokok alias tidak mengambil untung samasekali dari untanya sehingga orang berbondong-bondong membeli dagangannya. Untanya laris dan cepat habis.
Lantas, dari mana beliau mendapat keuntungan? Rupanya beliau mengambil untung dari tali pengikat unta yang beliau jual untuk mengikat unta-unta yang dijualnya itu. Luar biasa! memang cara berjualan yang sangat cerdik.
Kita pun mungkin bisa menerapkan cara berdagang semacam ini. Tidak usah menentukan laba terlalu tinggi, yang penting bisa menjual sebanyak-banyaknya. Bagaimana? Akur?

Salam motivasi!

2 comments:

  1. saya mau tahu lebih tentang ilmu berbisnis sahabat nabi satu ini, tahu buku apa yang bisa saya baca ga? tolong rekomendasinya, thanks

    ReplyDelete
  2. kayanya ada saya kemaren baca tentang buku panduan dagang abdurahman bin auf
    dan juga kalau bisa ikut kajian tentang bisnis para sahabat

    ReplyDelete